Berapa Porsi Makan Nasi yang Baik Tiap Hari?

Berita Online

Berapa Porsi Makan Nasi yang Baik Tiap Hari?

7895522.comMakan nasi putih kerap dianggap menjadi faktor risiko banyak penyakit. Dengan kadar gula atau indeks glikemik tinggi, nasi putih identik dengan penyebab diabetes.

Namun, nasi putih saat ini menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Apakah konsumsi nasi putih menjadi berisiko buruk bagi kesehatan?

“Kita harus kembali pada prinsip seimbang, yang tidak hanya pada komponen makanan tapi juga kebutuhan kalori per satuan waktu. Porsi makan nasi harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori,” kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Imam Subekti, SpD-KEMD, FINASIM, saat dihubungi detikcom baru-baru ini.

Baca Juga : AHY Berewokan Bikin Pangling, Annisa Pohan Lempar Gombalan Maut

Pemenuhan kebutuhan kalori per hari adalah 15 persen pada pagi hari, 40 persen untuk siang, dan 25 persen saat malam hari. Sisa kebutuhan dipenuhi lewat snack atau ngemil sekitar 10 persen.

Menurut dr Imam, dengan membagi rata kebutuhan kalori menjamin kadar gula tetap stabil. Hal ini menekan risiko terjadi diabetes akibat kadar gula yang cepat naik dan turun. Pembagian kebutuhan kalori juga menjamin kebutuhan energi setiap saat.

“Dengan pembagian kalori, nasi masih perlu dikonsumsi saat sarapan. Selain makan sayur dan buah. Tapi porsinya jangan terlalu banyak,” kata dr Imam.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online
Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa?

Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa? 7895522.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan keras terkait peningkatan kasus virus Corona COVID-19 di Eropa. Dikutip dari BBC, Direktur WHO di Eropa, Hans Kluge mengatakan dalam dua minggu terakhir terjadi peningkatan kasus baru Corona sebanyak dua kali lipat di lebih dari setengah negara …

Berita Online
Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi

Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi 7895522.com, Pandemi virus Corona (COVID-19) menghambat pergerakan manusia, baik dalam aktivitas perekonomian, aktivitas pengisi waktu luang seperti mengunjungi keluarga, berlibur, dan sebagainya. Padahal, pergerakan itu adalah sumber pendapatan bagi pengusaha hotel dan restoran. Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, para pengusaha …

Berita Online
PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL

PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL 7895522.com, PT KCI sedang menyosialisasikan kepada pengguna KRL untuk menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Apa alasannya? “Kita di medsos baru sosialisasi efektivitas masker saja dan di stasiun kita lakukan sosialisasi itu saja,” kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, saat dikonfirmasi, Selasa …