Kasus Corona Rekor Terus, Masih Berani ke Bioskop?

Berita Online

Kasus Corona Rekor Terus, Masih Berani ke Bioskop?

7895522.comMunculnya kasus baru COVID-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda landai. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, kasus positif Corona di sejumlah wilayah tembus rekor.

Di sisi lain, pusat keramaian di sejumlah tempat justru diwacanakan untuk dibuka lagi. Di mana yang paling santer adalah pembukaan bioskop yang disebut-sebut bakal dibuka pada 10 September mendatang.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, masihkah Anda berani ke bioskop di tengah rentetan rekor kasus Corona yang menghantui?

Dalam catatan, Satgas Penanganan COVID-19 pada 31 Agustus 2020 melaporkan 2.743 konfirmasi kasus baru Corona. DKI Jakarta jadi provinsi dengan penambahan terbanyak, yaitu 1.049 kasus.

Laporan ini membuat DKI Jakarta sudah dua hari berturut-turut menyentuh angka di atas 1.000 kasus baru Corona per hari. Hari sebelumnya, pada 30 Agustus 2020, menjadi rekor tertinggi penambahan kasus Corona di DKI dengan angka mencapai 1.094 versi Satgas COVID-19 dan 1.114 versi Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga : Viral Pedagang Pasar Belawan Jualan di Tengah Rel KA, Begini Suasananya

Lonjakan kasus Corona ini disebut-sebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, kemungkinan karena kluster long weekend atau libur panjang. Pada rentang waktu 16-20 Agustus ada libur panjang yang tampaknya dimanfaatkan banyak warga untuk bepergian.

Hal ini diketahuinya dengan menghitung mundur tanggal pengambilan spesimen tes COVID-19 dikurangi masa inkubasi virus Corona.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo menuturkan, rencana pembukaan bioskop masih dalam tahap penjajakan alias belum ketuk palu.

“Sekarang kasusnya (kasus baru Corona-red.) sudah di atas 1.000 terus, jadi siapa yang mau nonton bioskop?” ujarnya saat berdialog dengan jajaran Transmedia, Selasa (2/9/2020) malam.

Satgas COVID-19 mengatakan sudah banting tulang untuk memberikan pendidikan ke masyarakat soal bagaimana mencegah penyebaran virus ini dengan cara mengubah perilaku. Yakni dengan membiasakan mencuci tangan, memakai masker serta menjauhi keramaian.

“Jadi untuk pembukaan bioskop ini ada prakondisi, kajian dan tinjauan pakar. Koordinasi pusat dan daerah juga kita jaga, biar tak saling menyalahkan,” tutup Doni.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online
Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa?

Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa? 7895522.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan keras terkait peningkatan kasus virus Corona COVID-19 di Eropa. Dikutip dari BBC, Direktur WHO di Eropa, Hans Kluge mengatakan dalam dua minggu terakhir terjadi peningkatan kasus baru Corona sebanyak dua kali lipat di lebih dari setengah negara …

Berita Online
Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi

Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi 7895522.com, Pandemi virus Corona (COVID-19) menghambat pergerakan manusia, baik dalam aktivitas perekonomian, aktivitas pengisi waktu luang seperti mengunjungi keluarga, berlibur, dan sebagainya. Padahal, pergerakan itu adalah sumber pendapatan bagi pengusaha hotel dan restoran. Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, para pengusaha …

Berita Online
PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL

PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL 7895522.com, PT KCI sedang menyosialisasikan kepada pengguna KRL untuk menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Apa alasannya? “Kita di medsos baru sosialisasi efektivitas masker saja dan di stasiun kita lakukan sosialisasi itu saja,” kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, saat dikonfirmasi, Selasa …