Pemerintah soal Corona di RI Tembus 100 Ribu: Kita Masih Krisis, Waspada

Berita Online

Pemerintah soal Corona di RI Tembus 100 Ribu: Kita Masih Krisis, Waspada

7895522.comKasus Corona (COVID-19) di Indonesia tembus di angka 100 ribu. Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan krisis belum berlalu dan meminta masyarakat untuk terus waspada.

“Pada hari ini, kasus mencapai 100.303. Hari ini adalah bangsa Indonesia mencapai angka secara psikologis cukup berarti yaitu 100 ribu. Dan ini mengingatkan semua pihak bahwa Indonesia masih dalam kondisi krisis. Untuk itu kita perlu tetap waspada bahwa masalah ini masih ada di Indonesia dan seluruh belahan dunia,” kata Wiku dalam jumpa pers lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (27/7/2020).

Wiku lalu memaparkan posisi Indonesia terkait jumlah kasus COVID-19 dibanding negara lain. Dia mengatakan Indonesia saat ini bukan jadi negara dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi.

Meski demikian, dia mengingatkan masyarakat untuk terus waspada dan taat pada protokol kesehatan. Dia mengatakan posisi ini belum aman.

“Apabila kita bandingkan kasus yang ada di dunia khususnya terkait dengan per 1 juta penduduk, sebenarnya posisi Indonesia dibanding dunia, kita di urutan 142 dari 215 negara di dunia. Sedangkan jika kita bandingkan posisi Indonesia dengan negara di Asia, kita ada di urutan 28 dari 49 negara di dunia,” urai Wiku.

Baca Juga : Riset dan Inovasi di Indonesia Digenjot Buat Lawan COVID-19

“Kondisi ini tidak serta merta mengatakan Indonesia aman, Indonesia masih dalam krisis dan kita tidak boleh lengah untuk menghadapi COVID-19 ini,” ujarnya.

Dia meminta masyarakat tertib pada protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, seperti mengenakan masker, menjaga jarak fisik, serta rajin cuci tangan.

Dilaporkan pada hari ini ada penambahan kasus COVID-19 sebanyak 1.525 orang. Akumulasi kasus Corona di Indonesia kini mencapai 100.303.

Selain itu, dilaporkan ada tambahan 2.819 pasien sembuh Corona sehingga totalnya menjadi 58.173 orang. Dilaporkan juga ada 57 orang yang meninggal akibat Corona sehingga kasus kematian COVID-19 menjadi 4.838.

Hari ini pemerintah melakukan pemeriksaan terhadap 13.060 spesimen terkait Corona. Pemeriksaan ini dilakukan dengan metode real time PCR dan tes cepat molekuler (TCM).

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online
Percaya Hoax Disebut Lebih ‘Mematikan’ dibanding Corona, Termasuk di Indonesia

Percaya Hoax Disebut Lebih ‘Mematikan’ dibanding Corona, Termasuk di Indonesia 7895522.com, Sebuah penelitian baru membuktikan bahwa masyarakat yang percaya soal hoax virus Corona dapat menyebabkan banyak kematian, termasuk Indonesia. Studi ini menemukan hoax terkait virus Corona di Indonesia yang merupakan salah satu negara yang terbanyak di dunia. Dikutip dari laman CNN, studi yang dipublikasikan dalam …

Berita Online
Ngebut, Rusia Registrasi Vaksin Virus Corona Pertama di Dunia

Ngebut, Rusia Registrasi Vaksin Virus Corona Pertama di Dunia 7895522.com, Kementerian kesehatan Rusia memberikan izin regulasi buat vaksin Covid-19 pertama di dunia, setelah kurang dari sebulan ujicoba kepada manusia. Presiden Vladimir Putin mengumumkan hal itu Selasa (11/8). “Pagi ini, untuk pertama kalinya di dunia, vaksin untuk melawan virus corona jenis baru, …

Berita Online
Ekonomi Singapura Minus 13,2% di Kuartal II-2020

Ekonomi Singapura Minus 13,2% di Kuartal II-2020 7895522.com, Pertumbuhan ekonomi Singapura pada kuartal II-2020 mengalami kontraksi 42,9% dibandingkan kuartal I-2020. Sedangkan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ekonomi negeri Singa minus 13,2%. Mengutip CNBC, Selasa (11/8/2020), kondisi ini mencerminkan Singapura sudah masuk ke dalam resesi teknikal. Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menyebut jika …