Satgas COVID-19: Pembawa Virus 70 Persen Tak Bergejala, Potensial Menularkan

Berita Online

Satgas COVID-19: Pembawa Virus 70 Persen Tak Bergejala, Potensial Menularkan

7895522.comKasus virus Corona COVID-19 terutama yang terjadi di Indonesia masih terus meningkat dari hari ke hari. Orang-orang tanpa gejala (OTG) disebut menjadi salah satu penyebabnya.

Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang diperolehnya, sebagian besar orang yang terpapar virus Corona di Indonesia mayoritas tidak menunjukkan gejala apapun alias OTG.

“Data yang kami peroleh, 70 persen sampai 90 persen yang hari ini terpapar COVID-19 adalah tanpa gejala. Sehingga orang-orang yang tanpa gejala ini berpotensi menulari yang lain, termasuk saat di rumah,” kata Doni di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (30/8/2020).

Baca Juga : COVID-19 Tembus 3 Ribu Kasus Perhari, Ini Pesan Kemenkes

Menurut Doni, banyaknya OTG ini bisa berdampak sangat fatal terutama pada kelompok rentan, yang terdiri dari orang usia lanjut dan penderita penyakit komorbid atau penyerta seperti hipertensi, diabetes, jantung, kanker, penyakit paru, serta beberapa penyakit lainnya.

Doni menegaskan, jika kelompok-kelompok rentan yang disebutkannya tadi terinfeksi atau tertular virus Corona, bisa menyebabkan angka kematian semakin besar.

“Data yang telah dikumpulkan oleh data satgas, 85 persen angka kematian itu terjadi pada kelompok rentan. Jadi, kalau kita bisa melindungi kelompok rentan ini, berarti kita telah mampu menyelamatkan 85 persen warga negara kita,” pungkasnya.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online
Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa?

Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa? 7895522.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan keras terkait peningkatan kasus virus Corona COVID-19 di Eropa. Dikutip dari BBC, Direktur WHO di Eropa, Hans Kluge mengatakan dalam dua minggu terakhir terjadi peningkatan kasus baru Corona sebanyak dua kali lipat di lebih dari setengah negara …

Berita Online
Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi

Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi 7895522.com, Pandemi virus Corona (COVID-19) menghambat pergerakan manusia, baik dalam aktivitas perekonomian, aktivitas pengisi waktu luang seperti mengunjungi keluarga, berlibur, dan sebagainya. Padahal, pergerakan itu adalah sumber pendapatan bagi pengusaha hotel dan restoran. Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, para pengusaha …

Berita Online
PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL

PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL 7895522.com, PT KCI sedang menyosialisasikan kepada pengguna KRL untuk menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Apa alasannya? “Kita di medsos baru sosialisasi efektivitas masker saja dan di stasiun kita lakukan sosialisasi itu saja,” kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, saat dikonfirmasi, Selasa …