Stimulus Corona Mau Kedaluwarsa, Pengangguran AS Bisa Meroket

Berita Online

Stimulus Corona Mau Kedaluwarsa, Pengangguran AS Bisa Meroket

7895522.comPertumbuhan lapangan pekerjaan di Amerika Serikat (AS) kian melambat akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Tingkat pengangguran di AS kini juga masih berada di angka 10%, meskipun diperkirakan turun ke level 9%.

Pertumbuhan lapangan pekerjaan di AS sempat naik pada puncaknya di Juni karena berbagai stimulus yang digelontorkan pemerintah. Dilansir Reuters, Jumat (4/9/2020), pada Juni pertumbuhan tenaga kerja mencapai 4,79 juta, sementara di Juli 1,76 juta.

Namun, kondisinya berbeda di bulan Agustus hingga September ini. Pertumbuhan lapangan pekerjaan diperkirakan kembali melambat karena stimulus atau bantuan bagi dunia usaha untuk membayar gaji pegawai sudah hampir berakhir. Bantuan tunai bagi pengangguran sebesar US$ 600 per minggu pun sudah berakhir di bulan Juli.

Departemen Tenaga Kerja AS pun melaporkan bahwa sejumlah perusahaan dari sektor transportasi dan juga manufaktur akan merumahkan dan PHK secara massal.

Baca Juga : Diiringi Gending Jawa, Gibran-Teguh Gowes Berangkat Daftar Pilkada Solo

Bahkan, maskapai American Airlines pun telah mengumumkan akan melakukan PHK atas 19.000 pegawai. Ford Motor Co juga mengumumkan akan melakukan PHK atas 1.400 pegawai di akhir tahun. Perusahaan operator moda transportasi massal atau atau mass transit rail juga akan merumahkan pegawai.

Dengan kondisi ini, tekanan pada Gedung Putih dan juga Kongres pun muncul. Gedung Putih dan Kongres diminta untuk melanjutkan stimulus fiskal bagi dunia usaha yang sudah berakhir.

Namun, peningkatan lapangan pekerjaan yang terjadi sementara pada bulan Juni-Juli kemungkinan akan menjadi bahan untuk dibanggakan oleh Presiden AS Donald Trump dalam kampanyenya. Akan tetapi, jumlah lapangan pekerjaan yang masih tersedia saat ini hanya 11,5 juta, jauh di bawah kondisi sebelum adanya pandemi COVID-19.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online
Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa?

Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa? 7895522.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan keras terkait peningkatan kasus virus Corona COVID-19 di Eropa. Dikutip dari BBC, Direktur WHO di Eropa, Hans Kluge mengatakan dalam dua minggu terakhir terjadi peningkatan kasus baru Corona sebanyak dua kali lipat di lebih dari setengah negara …

Berita Online
Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi

Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi 7895522.com, Pandemi virus Corona (COVID-19) menghambat pergerakan manusia, baik dalam aktivitas perekonomian, aktivitas pengisi waktu luang seperti mengunjungi keluarga, berlibur, dan sebagainya. Padahal, pergerakan itu adalah sumber pendapatan bagi pengusaha hotel dan restoran. Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, para pengusaha …

Berita Online
PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL

PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL 7895522.com, PT KCI sedang menyosialisasikan kepada pengguna KRL untuk menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Apa alasannya? “Kita di medsos baru sosialisasi efektivitas masker saja dan di stasiun kita lakukan sosialisasi itu saja,” kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, saat dikonfirmasi, Selasa …