Vaksin Corona Merah Putih Sudah 40 Persen, Ini Update Terbarunya

Berita Online

Vaksin Corona Merah Putih Sudah 40 Persen, Ini Update Terbarunya

7895522.comIndonesia ikut mengembangkan vaksin Corona, dinamakan vaksin Merah Putih. Hingga kini, perkembangan vaksin tersebut sudah mencapai 40 persen. Apa saja perkembangan terbarunya?

Diungkapkan Menteri Riset dan Teknologi Prof Bambang Brodjonegoro, vaksin Corona Merah Putih yang dikembangkan Eijkman ini ditargetkan memasuki uji coba pada hewan akhir 2020.

“Jadi ada 3 platform yang akan dikembangkan lembaga Eijkman,” ujar Prof Bambang dalam siaran pers di Youtube BNPB, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga : Kasus Corona Rekor Terus, Masih Berani ke Bioskop?

Ini 3 perkembangan vaksin Corona Merah Putih:

1. Target uji coba pada hewan akhir 2020
Prof Bambang menjelaskan target vaksin Corona Merah Putih akhir 2020 memasuki uji klinis pada hewan.

“Harapannya akhir tahun bisa selesai uji coba pada hewan sehingga di awal tahun depan Eijkman bisa menyerahkan bibit vaksinnya ke bio farma untuk di scale up,” ujarnya.

2. Sudah 40 persen
Menurut Prof Bambang, setidaknya perkembangan vaksin Corona Merah Putih saat ini sudah mencapai 40 persen. Eijkman tengah mengembangkan vaksin Merah Putih berbasis virus yang bersirkulasi di Indonesia dengan menggunakan platform protein rekombinan yang menargetkan Protein S dan Protein N.

Sejauh ini gen tersebut sudah diperbanyak dan saat ini sedang dimasukkan ke dalam sel mamalia untuk mendapatkan protein rekombinan.

“Untuk vaksin yang dikembangkan Eijkman tahapannya 40 persen, sedang disiapkan sel mamalianya,” kata Prof Bambang.

3. Bibit vaksin diserahkan di awal tahun 2021
Kebutuhan vaksinasi Corona di Indonesia sekitar 300-400 juta dosis atau ampoule. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi, LBME Eijkman diharapkan mampu menyerahkan bibit vaksin Corona ke Bio Farma pada awal tahun 2021 untuk keperluan uji klinis tahap 1, 2, dan 3.

“Kita harapkan di triwulan 3 2021 kita bisa memproduksi tahapan awal vaksin Merah Putih untuk kepentingan publik,” bebernya.

Mana saja institusi yang ikut mengembangkan vaksin Corona Merah Putih?

Lembaga Biologi Molekular Eijkman
Mengembangkan vaksin dengan platform subunit protein rekombinan baik berbasis sel mamalia maupun berbasis sel ragi, dan mulai mengembangkan pendekatan inactivated virus.

Universitas Indonesia (UI)
Mengembangkan vaksin Corona dengan platform DNA, RNA, dan virus like particle

Institut Teknologi Bandung (ITB)
Mengembangkan vaksin dengan platform adenovirus

Universitas Airlangga (UNAIR)
Mengembangkan vaksin dengan platform adenovirus

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Mengembangkan vaksin dengan platform protein rekombinan

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online
Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa?

Diberi Peringatan Keras oleh WHO Soal COVID-19, Ada Apa dengan Eropa? 7895522.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan keras terkait peningkatan kasus virus Corona COVID-19 di Eropa. Dikutip dari BBC, Direktur WHO di Eropa, Hans Kluge mengatakan dalam dua minggu terakhir terjadi peningkatan kasus baru Corona sebanyak dua kali lipat di lebih dari setengah negara …

Berita Online
Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi

Pengusaha Buka-bukaan Jatuh Bangun Bisnis Hotel hingga Kamar Isolasi 7895522.com, Pandemi virus Corona (COVID-19) menghambat pergerakan manusia, baik dalam aktivitas perekonomian, aktivitas pengisi waktu luang seperti mengunjungi keluarga, berlibur, dan sebagainya. Padahal, pergerakan itu adalah sumber pendapatan bagi pengusaha hotel dan restoran. Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, para pengusaha …

Berita Online
PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL

PT KCI: Hindari Pemakaian Masker Buff dan Scuba di KRL 7895522.com, PT KCI sedang menyosialisasikan kepada pengguna KRL untuk menghindari pemakaian masker buff dan masker scuba. Apa alasannya? “Kita di medsos baru sosialisasi efektivitas masker saja dan di stasiun kita lakukan sosialisasi itu saja,” kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba, saat dikonfirmasi, Selasa …